Pemeriksaan Kesehatan Calon Petugas KPPS di Lampung Selatan Mendapat Keringanan Biaya dari Pemerintah Kabupaten

Pemeriksaan Kesehatan Calon Petugas KPPS di Lampung Selatan Mendapat Keringanan Biaya dari Pemerintah Kabupaten

Kalianda – Pemeriksaan kesehatan calon petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Lampung Selatan mendapatkan keringanan dari pemerintah kabupaten setempat. Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto saat melakukan audiensi bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan, yang berlangsung di ruang kerja bupati setempat, Rabu (13/12/2023).

Nanang Ermanto menyampaikan, akan mendukung kegiatan Pemilu serentak 2024. Menurutnya, kerjaan petugas KPPS termasuk hal yang berat, oleh karena itu petugas KPPS harus dipastikan sehat selama menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. “Kita sudah komunikasikan langsung dengan Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, untuk pemeriksaan kesehatan di Puskesmas untuk petugas KPPS dirigankan. Pada intinya kami selalu mendukung untuk pelaksanaan pemilu,” ujar Nanang.

Sementara itu, Komisioner KPU Lampung Selatan Asma Emilia menjelaskan, dalam pemeriksaan kesehatan para calon petugas KPPS nantinya akan melakukan pemeriksaan, seperti gula darah, kolestrol dan tekanan darah. “Pemeriksaan termasuk gula darah, kolestrol dan tekanan darah yang akan dicantumkan dalam surat keterangan sehat dari Puskesmas. Mungkin ini yang harus didiskusikan, supaya masyarakat yang daftar jadi kpps di puskes mendapat keringanan biaya,” kata Asma Emilia.

Asma Emilia juga mengungkapkan, terdapat sebanyak 27 ribu orang yang akan menjadi petugas KPPS dalam kegiatan demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. “Untuk linmas di setiap TPS nanti akan kembali dikoordinasikan dengan pihak desa, kemudian nanti akan disesuaikan SK dari pihak KPU atau dari Desa. Termasuk juga akan dikoordinasikan mengenai hak pilih warga binaan di Lapas/Rutan,” tuturnya. (AM)